Sabtu, 04 September 2010

Mobil masa depan yg ramah lingkungan

Krisis ekonomi dan isu global warming ditanggapi serius produsen mobil dan mesin terkemuka,mereka berbondong-bondeng mencari ide baru untuk bahan bakar alternatif.Setiap tahun, di pameran mobil lokal dan internasional, semakin banyak mobil konsep dengan mesin hibrida dan berbahan bakar alternatif (selain minyak bumi fosil). Sebenarnya, bahan bakar alternatif ini sudah dipikirkan sejak puluhan tahun lalu. Di masa depan, bahan bakar ini akan jadi bintang.

Beberapa bahan bakar alternatif baru yang dikembangkan :
1. Hidrogen


Mobil atau kendaraan dengan bahan bakar hidrogen sangat mungkin dipakai di masa depan. Bahan bakar hidrogen berbeda dibanding bahan bakar minyak bumi (fosil), karena hidrogen bisa didapat dan dibuat lagi. Sama seperti sinar matahari, angin, dan air yang mudah didapat. Selain itu, hidrogen lebih ramah lingkungan. Beberapa pabrikan mobil sudah membuat mobil hidrogen. Misalnya, Honda FCX yang baru saja diluncurkan. Sebelumnya sudah ada mobil golf, sepeda, kursi roda, dan banyak lagi yang memakai bahan bakar hidrogen. Rekor kecepatan kendaraan berbahan bakar hidrogen mencapai 333,38 Km per jam yang dicobapakai mobil Ford Fusion Hydrogen 999. 


2. Listrik
Para ahli sudah merancang mobil listrik sejak akhir abad ke-19. Tapi lebih sulit mendapatkan bahan bakar listrik dibanding bahan bakar minyak fosil. Belakangan, ketika cadangan bahan bakar fosil di Bumi mulai susah didapat, mobil listrik mulai dikembangkan lagi. Sejak tahun 2006 sudah dibuat puluhan kendaraan bertenaga listrik dan batere. Diperkirakan akan lebih banyak lagi di tahun-tahun berikutnya.

Mobil listrik yang terkenal adalah Tesla Roadster dari Tesla Motors yang dibuat tahun 2008. Mobil ini bisa mencapai kecepatan 217 Km per jam. Mobil dengan ukuran kecil lebih banyak lagi, misalnya iMiev (Mitsubishi innovative Electric Vehicle) yang rencananya akan dijual mulai tahun 2010. Mobil listrik TH!NK city buatan perusahaan mobil asal Norwegia, Think Global, juga punya kecepatan 100 Km perjam. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar