Sabtu, 02 Oktober 2010

Proses Perekrutan Karyawan Google "Unik Banget"

Anda pasti udah gak asing lagi sama situs search engine nomer wahid ini gan "GOOGLE". selain kehebatan perusahaan ini, ternyata proses perekrutan karyawanya juga cukup rumit dan unik - seperti halnya salah satu iklan lowongan kerja yg ini. google memampangkan baliho berukuran raksasa tetapi tak mencantumkan secara detail cara mengajukan lamaran.


Prosedur lamaranya tersembunyi dalam sebuah situs internet. Nama situs tersebut adalah jawaban dari pertanyaan yg ada d baligo tersebut: bilangan prima terkecil dengan panjang sepuluh digit. Jawabannya adalah 7427466391. Artinya, pelamar mesti mengunjungi situs 7427466391. com (saat ini situs ini sudah ditutup). Setelah masuk situs itu, pelamar kembali dihadapkan pada berbagai pertanyaan sulit.
Boleh Mencontek

Dalam situs resminya, Google menyatakan mereka menggunakan teknik yang disebut Google Lab Aptitude Test (GLAT) untuk menyaring karyawan baru. Teknik itu, menurutnya digunakan untuk menjaring pekerja yang memiliki aptitude dan psikologi menonjol. Paling tidak separo soalnya matematika dengan tingkat kesukaran tinggi. Soal-soal tersebut tak dirahasiakan namun diposting secara bebas di internet.


Seberapa sulit soalnya? Cobalah jawab pertanyaan ini. Berapa jumlah anggota ideal dalam sebuah tim, sedemikian rupa sehingga penambahan anggota tak akan memberi kontribusi maksimal? Ada lima opsi jawaban yakni 1, 3, 5, 11, dan 24.

Judi Gilbert, yg juga menjabat Direktur SDM Google pada tahun 2008 menyatakan GLAT didesain untuk mencari pekerja yang memiliki daya analisis, membuat taksiran, serta menarik simpulan. Adapun jawabannya juga tak selalu eksak. ”Bagi Google, karyawan merupakan aset paling berharga. Kami mencari yang terbaik, namun kami juga memberi salari yang pantas,” ujar Gilbert.

Sebagai perusahaan yang menggantungkan diri pada inovasi, Google membutuhkan karyawan yang kreatif, mampu bekerja dalam tim, serta memiliki keyakinan segala masalah bisa dipecahkan menggunakan teknologi, lanjutnya.

Soal tes masuk Google tak dirahasiakan. Siapapun bisa mengunduhnya di internet. Bagi Anda yang berminat bekerja di Google, ada sekadar mencoba mengerjakan tes masuknya bisa berkunjung ke situs 
www.google.com/suport/jobs

Menurut Alan Eustace, inti dari kerja Google adalah memecahkan problem komputasi. Karenanya, mereka membutuhkan orang yang terobsesi memecahkan masalah.

Itulah alasan mengapa soal dipasang secara terbuka, untuk menarik minat para ”pemecah problem”.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar